Ujian Nasional Tahun Ajaran 2013/2014 - Inforitel.com 54.82.10.219
 
 

RECENT UPDATE

Appeton Multivitamin Lysine Syrup

Appeton Multivitamin Lysine Syrup merupakan multivitamin penambah nafsu makan bagi anak dengan membangkitkan selera makan. Mengandung vitamin-vitamin dan lysine yang san.. Read More

Wardah Exclusive Two Way Cake

Menurut Wardah, hanya cukup dengan satu bedak, wajah Anda tidak hanya terlindungi dari sinar UV yang berbahaya dan polusi tetapi kulit wajah Anda juga akan terlihat le.. Read More

Ragam Pilihan Kebutuhan Fashion di Toko Katallog

Pernahkah Anda berkunjung ke Toko Katallog yang berada di Jalan Dipatiukur? Distro ini berbeda dengan distro yang lainnya di Bandung. Ketika datang kesini t.. Read More
 
 

Ujian Nasional Tahun Ajaran 2013/2014

Senin, 14 April 2014 - Pelaksanaan Ujian Nasional Pelajar SLTA, tingkat SMA, SMK dan sederajatnya mulai dilaksanakan pada hari ini, Senin (14/4/2014). Apakah Ujian Nasional itu dan apa manfaatnya bagi dunia pendidikan di tanah air, mungkin masih banyak dari Anda yang menanyakan hal ini karena setiap tahun diselenggarakan dan diikuti oleh seluruh siswa/siswi di tanah air.

Ujian Nasional atau yang biasa disingkat UN/UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar. Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Nah, setelah mengetahui hal tersebut tentunya Anda sudah menangkap maksud diselenggarakannya UN setiap tahunnya bagi siswa/i di tanah air ini. Namun tentunya pelaksanaan pada tahun 2014 ini akan memiliki perbedaan dengan pelaksanaan UN pada tahun 2013 yang lalu. Seperti apakah perbedaannya, mungkin informasi ini setidaknya dapat menambah wawasan Anda terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Ada 10 perbedaan UN tahun 2014 dibandingkan dengan UN 2013 lalu. Pertama dari sisi komposisi nilai sekolah dimana tahun ini komposisi nilai sekolah terdiri atas 70 persen nilai rapor dan 30 persen nilai ujian nasional. Yang kedua peran BSNP pada UN 2013 lalu menjadi penyelenggara dan pelaksana maka di tahun 2014 ini BSNP hanya menjadi penyelenggara saja. Perbedaan ketiga yakni perguruan tinggi tidak lagi berperan dalam pelaksanaan UN tetapi berperan dalam pengawasan UN SMA/MA, SMK, Paket C, dan paket kejuruan ditingkatkan.

Perbedaan ke empat yakni LPMP dilibatkan dalam pengawasan SMP dan SMA sederajat. Kelima dan keenam untuk jadwal juga berubah dimana pelaksanaan UN tahun ini hanya 3 hari dengan dua mata pelajaran setiap hari kemudian jadwal UN paket C selama 3 hari dengan dua sampai tiga mata pelajaran setiap hari. Perbedaan ketujuh yakni pemanfaatan hasil UN sepenuhnya dijadikan pertimbangan masuk PTN. Perbedaan kedelapan dan kesembilan UN SD/MI ditiadakan dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam bentuk ujian sekolah/madrasah. Dan perbedaan terakhir yakni jumlah pengawas satuan pendidikan dimana jumlah pengawas bertambah dengan background dari perguruan tinggi atau LPMP.
Share This Article

Comments ( 0 )

Write Comment

 

Baca Juga

Appeton Multivitamin Lysine Syrup

Appeton Multivitamin Lysine Syrup merupakan multivitamin penambah nafsu makan bagi anak dengan membangki... Read More

Wardah Exclusive Two Way Cake

Menurut Wardah, hanya cukup dengan satu bedak, wajah Anda tidak hanya terlindungi dari sinar UV yang ber... Read More

Ragam Pilihan Kebutuhan Fashion di Toko Katallog

Pernahkah Anda berkunjung ke Toko Katallog yang berada di Jalan Dipatiukur? Distro ini berbed... Read More