Mahasiswa Unnes Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar - Inforitel.com 54.226.179.247
 
 

RECENT UPDATE

Appeton Multivitamin Lysine Syrup

Appeton Multivitamin Lysine Syrup merupakan multivitamin penambah nafsu makan bagi anak dengan membangkitkan selera makan. Mengandung vitamin-vitamin dan lysine yang san.. Read More

Wardah Exclusive Two Way Cake

Menurut Wardah, hanya cukup dengan satu bedak, wajah Anda tidak hanya terlindungi dari sinar UV yang berbahaya dan polusi tetapi kulit wajah Anda juga akan terlihat le.. Read More

Ragam Pilihan Kebutuhan Fashion di Toko Katallog

Pernahkah Anda berkunjung ke Toko Katallog yang berada di Jalan Dipatiukur? Distro ini berbeda dengan distro yang lainnya di Bandung. Ketika datang kesini t.. Read More
 
 

Mahasiswa Unnes Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

Selasa, 22 Juli 2014 - Sampah plastik menjadi salah satu isu utama dalam fenomena pemanasan global. Sebab plastik adalah salah satu bahan kimia yang paling sulit diuraikan sehingga berpotensi terus terakumulasi.

Keadaan tersebut memberikan ide bagi tiga mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif. Ketiga mahasiswa tersebut ialah Hendra Prasetyo, Rudhiyanto, dan Ilham Eka Fitriyanto.

Ketiganya berpendapat, perlu cara pengolahan limbah plastik secara lebih aman. Karena pemusnahan plastik dengan dibakar kurang efektif dan berisiko memunculkan polutan dari emisi gas buang CO2, CO, NOx, dan Sox.

Ketiganya melihat potensi minyak pada sampah plastik karena plastik dibuat dari bahan Polietilen. Dengan kandungan senyawa tersebut, plastik dapat diolah menjadi beberapa jenis bahan bakar. “Setiap satuan berat plastik dapat menghasilkan 70 persen minyak, 16 persen gas, enam persen karbon solid, dan delapan persen air,” kata Ketua Tim Hendra Prasetyo, seperti dikutip dari situs Unnes, Minggu (20/7/2014).

Berdasarkan riset awal yang dilakukan Hendra, satu kilogram plastik botol air mineral dapat menghasilkan 0,5 liter pada suhu 300 derajat celcius selama 30 menit. Sementara satu kilogram plastik kresek, jika diolah dapat menghasilkan 0,5 liter minyak pada suhu 200 derajat celsius selama 25 menit.

“Riset kami memang belum sampai pada proses penyulingan untuk mengetahui jenis minyak yang kami hasilkan, apakah bensin, minyak tanah, atau solar. Ini perlukan riset lanjutan yang lebih serius,” paparnya.
Share This Article

Comments ( 0 )

Write Comment

 

Baca Juga

Appeton Multivitamin Lysine Syrup

Appeton Multivitamin Lysine Syrup merupakan multivitamin penambah nafsu makan bagi anak dengan membangki... Read More

Wardah Exclusive Two Way Cake

Menurut Wardah, hanya cukup dengan satu bedak, wajah Anda tidak hanya terlindungi dari sinar UV yang ber... Read More

Ragam Pilihan Kebutuhan Fashion di Toko Katallog

Pernahkah Anda berkunjung ke Toko Katallog yang berada di Jalan Dipatiukur? Distro ini berbed... Read More